Sabtu, 28 Mei 2011

Gudeg, Gak Ada Matinya (edisi jalan-jalan kuliner)

Menyesuaikan kesenangan saya pada kuliner, baik sebagai pengolah maupun penikmat, cerita jalan-jalan saya di kota Jogja akan mengulas beberapa tempat penjual gudeg. Yang masing-masingnya memiliki ciri serta kelebihan dan kekurangan.

Menikmati Jogja tidak lengkap tanpa memasukkan gudeg dalam daftar perburuan kuliner. Gudeg menjadi salah satu makanan khas Jogja yang sering kali dirindu tidak hanya oleh wisatawan, tapi juga oleh orang Jogja sendiri seperti saya. Berbahan nangka muda yang dimasak dengan gula jawa. Berwarna pekat. Yang warna pekatnya bisa karena gula jawa yang berwarna pekat, atau karena dimasak dengan daun jati.  Dimakan bersama teman-temannya, sambal goreng krecek, opor ayam, tahu dan tempe, serta telur pindang, disiram dengan areh (santan kental berbumbu minimalis yang dimasak hingga mengental). Ada juga yang pada pembuatan arehnya menambahkan blendo (ampas santan. Jika membuat minyak kelapa maka ada endapan santan yang mengering menjadi ampas).

Gudeg  Pawon 
Berlokasi di jalan Janturan Kusumanegara. JIka anda sedang melewati Jogja atau beraktivitas di malam  hari, gudeg Pawon bisa jadi pilihan. Karena gudeg Pawon hanya dapat dinikmati pada jam 23.00-01.00 dini hari. Lebih dari waktu itu sangat kecil harapan untuk dapat menikmatinya. Kecuali anda sedang beruntung. Itu pun teman-teman gudeg sudah tidak lengkap lagi. Jam 24.00 saja jika ramai pembeli tidak banyak pilihan ayamnya. Bahkan ayam habis tak bersisa. Tinggal tahu dan telur.
Gudeg Pawon tidak disuguhkan bersama areh. Kuahnya adalah kuah opor biasa yang santannya tidak kental. Sehingga biasa disebut sebagai gudeg basah. Rasanya pun tidak selegit gudeg pada umumnya. Telurnya bukanlah telur pindang. Tapi dimasak bersama opor ayam dan tahu. Di gudeg Pawon anda tidak bisa menemukan tempe yang biasa mendampingi opor ayam dan tahu. Menemani udara malam yang dingin, gudeg Pawon disuguhkan dalam kondisi panas.

 Berjudul Pawon (dapur), karena gudeg dijual di sebuah dapur. Menikmatinya  bisa di dapur. Bayangkan saja ya, menikmati gudeg di malam hari di sebuah dapur yang sangat sederhana, sesuai judulnya….pawon, dikelilingi  aroma gudeg dan kayu yang dibakar sebagai bahan bakar untuk memasaknya. Jika tak cukup di dapur, disediakan tempat di luar. Beratapkan langit dan  berteman udara malam. Disediakan meja makan dan lesehan.

Gudeg Sagan
Lokasinya di tepi jalan Sagan yang ramai. Baru bisa dinikmati mulai jam  05.30-24.00. Tempatnya cukup luas setelah direnovasi. Namun anda tidak bisa menikmati gudeg dengan lesehan. Beberapa waktu lalu, jika menikmati gudeg Sagan akan ditemani musik orkestra sederhana. Anda bisa menyumbangkan suara dan memesan lagu. Namun semenjak direnovasi, musik orkestra sudah tidak manggung lagi.  

Di sana anda bisa menikmati gudeg bersama aneka pilihan kerupuk dan minuman. Seperti halnya gudeg Pawon, gudeg yang disuguhkan di gudeg Sagan adalah jenis gudeg basah. Hanya saja kuahnya lebih kental dan rasanya cukup legit. Disediakan juga bubur nasi, jika anda sedang tidak ingin makan gudeg bersama nasi.

Gudeg Yu Narni
Gudeg Yu Narni memiliki beberapa cabang. Kebetulan beberapa kali saya membeli yang letaknya di Jalan Kaliurang Km 4,5 karangasem CT III/19. Buka dari jam 4.30 - 21.00. Letaknya yang berada di dalam gang, memang menjadi kurang strategis, karena tidak jauh dari gudeg Yu Narni, di pinggir jalan ada gudeg bu Ahmad. Menurut beberapa kolega, gudeg Yu Narni lebih enak rasanya daripada gudeg bu Ahmad. Bagi saya, rasa keduanya hampir sama. Untuk makan di tempat, saya lebih menyukai di Yu Narni. Tempatnya tidak bising oleh kendaraan. Pembelinya juga tidak terlalu banyak. Jadi terasa nyaman jika ingin makan sembari ngobrol atau menulis, seperti saya, membuat tulisan tentang gudeg ini di bangku Yu Narni...dalam kesendirian dan keheningan ruang makan.

Gudeg Yu Narni dan  gudeg Bu Ahmad sejenis dengan gudeg-gudeg Wijilan yang lokasinya dekat dengan Plengkung Gading atau Alun-alun Utara. Gudeg Yu Narni adalah gudeg kering yang tidak terlalu manis. Sambal goreng kreceknya ada pilihan basah dan kering. Begitupun dengan telur pindangnya, ada pilihan yang kulitnya keras dan tidak. Kelebihan gudeg jenis ini, lebih tahan lama. Untuk di bawa bepergian jauh, insya Allah bisa bertahan kurang lebih sehari. Dengan catatan, kuah tidak dicampur bersama gudeg dan teman-temannya. Bungkus gudeg ketika sudah dingin, karena uap yang turun ke gudeg menyebabkan gudeg menjadi basah dan cepat basi.

Gudeg Bu Juminten
Naaah....ini gudeg favorit saya. Gudeg paling nendang menurut lidah saya. Rasanya  tidak cuma top markotop atau sip markusip. Tapi endang surendang menendang-nendang bikin melayang seperti layang-layang. Karena buat saya ketagihan dan sering merindunya. Gudeg Bu Juminten dulu menjadi gudeg favorit presiden Suharto. Buka mulai jam 07.00-21.00.  Bisa ditemukan di jalan Asem Gede, Kranggan.

Jenisnya adalah gudeg kering. Arehnya  asli dibuat dari kelapa tanpa campuran blendo. Areh yang basah ini memang menjadi kelemahan dari gudeg Bu Juminten. Gudeg menjadi tidak tahan lama. Kira-kira hanya mampu bertahan 8 jam-an. Dengan cara membawa dan menyimpan yang sama seperti membawa gudeg jenis kering.

Sebenarnya, gudeg asli Jogja adalah gudeg kering sejenis gudeg Yu Narni dan gudeg Bu Juminten atau gudeg Wijilan. Jika anda ke Jogja dan ingin menikmati gudeg, silahkan...anda tinggal memilih sesuai selera lidah anda. Jika ingin yang basah dan manis, gudeg Sagan bisa jadi pilihan. Jika ingin yang basah tapi tak menyukai yang manis, pilihannya bisa di gudeg Pawon.Untuk  anda yang  ingin menikmati gudeg yang tidak  terlalu manis, pilihan yang pas adalah gudeg Yu Narni. Anda menyukai gudeg kering dan manis seperti saya?? Dijamin (insya Allah), nggak bakal pernah menyesal menikmati gudeg Bu Juminten.

Selamat berwisata kuliner di Jogja yang tak lagi menjadi kota pelajar bagi saya, karena begitu banyak suguhan kuliner dan tempat-tempat hiburan lainnya. Yang makin menggoda pelajar dalam belajar.


gudeg Bu Juminten
Gudeg Sagan

3 komentar:

  1. Makanan jogja yang satu ini emang jadi buruan wisatawan domestik maupun luar negeri....TApi aku kurang begitu suka dengan makanan yang manis..

    BalasHapus
  2. Kalo kejogja emang wajib ya beli gudeg..Selain makanan khas rasanya itu lho yang bikin ketagihan...

    BalasHapus
  3. bu' tolng donx beli blendo temptq.harganya lebih murh.
    kualitas blendomnya tdk dragukan lg.
    hub. 081328839544

    BalasHapus